always trying,praying and creative
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara memulai bisnis online yang tepat dan sukses untuk menghasilkan banyak uang


JENDELA INFOR Bagaimana cara memulai bisnis online yang tepat dan sukses untuk menghasilkan banyak uang?

Mungkin, sering terlintas di benak Kalian untuk meninggalkan rutinitas kerja Kalian saat ini dan mulai memulai bisnis online.

Atau setidaknya, coba jalankan bisnis online kecil-kecilan sambil tetap menjadi karyawan. Namun, bagaimana cara memulai bisnis online?

Memulai bisnis online itu seperti halnya membuka toko di daerah yang sudah memiliki calon pembeli, dalam hal ini pengguna internet di Indonesia semakin berkembang.

Dengan adanya internet dan dengan pertumbuhan jumlah pengguna internet yang semakin signifikan, setiap orang bisa menjadi pebisnis.

Jadi, Kalian tidak perlu lagi khawatir dengan modal besar yang perlu dikeluarkan untuk membangun toko fisik.

Tak heran jika bisnis online bisa menjadi bisnis yang sangat menjanjikan.

Padahal, menurut Statista, 40 persen pengguna internet membeli produk secara online melalui gadget mereka.

Hal ini menunjukkan potensi yang sangat besar bagi usaha yang tidak membutuhkan modal besar.

 

Cara Memulai Bisnis Online

Ada banyak hal yang harus Kalian pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membuat toko online.

Mulai dari mencari cara membuat toko online, mengenal seluk beluk membuat toko online, hingga memastikan bisnis online bisa berkembang.

Pilihannya ada dua, yaitu go big atau go home. Bisnis online yang Kalian mulai bisa berhasil seperti yang diharapkan – atau sebaliknya – tidak berjalan mulus.

Untuk itu, sejak tahap perencanaan, semua konsep pembuatan toko online harus matang.

Lalu, bagaimana cara memulai bisnis online? Baca lebih banyak.

1. Putuskan Apa yang Akan Dijual

Cara memulai bisnis online yang pertama adalah menentukan apa yang akan dijual sebelum memasuki dunia toko online.

Temukan produk yang berpotensi mendatangkan keuntungan potensial. Artinya perlu ada riset mendalam – bila perlu tanyakan pada orang-orang terdekat Kalian – seberapa menarik produk atau jasa yang akan Kalian jual.

Sebelum benar-benar fokus pada satu produk, tidak ada salahnya mencoba berbagai bisnis dan mempraktekkan penjualan melalui media sosial atau marketplace untuk menarik pasar.

Biasanya langkah pertama ini terasa sulit karena Kalian harus mengembangkan konsep bisnis, mencari ide, mencari supplier, bahkan belajar ilmu bisnis, jadi disarankan untuk tidak terlalu repot di tahap awal ini.

Di tahapan awal ini, Kalian juga perlu menginvestasikan waktu, tenaga, dan mungkin uang, agar bisa mempelajari bisnis online yang tepat.

2. Buat Situs Web

Cara memulai bisnis online selanjutnya yaitu dengan membuat website yang menarik agar toko online Kalian dikenal serta memiliki identitas tersendiri.

Jadi, cobalah untuk membuat situs web. Beberapa hal penting yang harus diperhatikan untuk sebuah website yaitu domain dan hosting. Domain merupakan nama untuk alamat website.

Sedangkan hosting adalah tempat untuk menaruh nama domain. Hosting ibarat tempat Kalian membangun situs web untuk toko online.

Namun untuk tahap awal, Kalian mungkin tidak membutuhkan kapasitas hosting yang terlalu besar.

apabila Kalian memakai platform toko online, biasanya sudah termasuk hosting dan Kalian hanya perlu memesan nama domain web melalui pengelola platform.

Selain itu, perhatikan tips berikut untuk membuat website toko online yang tepat:

• Pilih satu atau dua font biasa dengan latar belakang putih sehingga apa pun yang ditulis di web dapat terbaca dengan jelas.

• Membuat navigasi website jelas & sederhana, juga sama di setiap halaman agar audiens tidak bingung saat mengunjunginya.

• Menyederhanakan proses pembelian agar pengalaman berbelanja yang didapatkan pelanggan tidak mengecewakan.

• Situs web Kalian yaitu etalase online untuk bisnis Kalian, jadi kalian harus wajib membuat ramah pelanggan.

• Sertakan formulir online yang dapat diisi pelanggan dengan detail pribadi dan kontak cepat untuk membangun hubungan dan memungkinkan mereka melakukan pembelian berulang.

Jika Kalian kesulitan membuat situs web, coba gunakan layanan pembuatan situs web, seperti yang ditawarkan oleh SIRCLO Webstore. Kalian dapat dengan mudah mempunyai toko online.

Melalui layanan SIRCLO, Kalian bisa membuat toko online sendiri dalam waktu 5 menit secara gratis! Memiliki toko online sendiri dapat membuat bisnis Kalian tampil lebih kredibel dan meyakinkan.

Setelah website untuk bisnis online Kalian sudah jadi, isi website dengan berbagai konten seperti deskripsi produk, foto produk, testimoni, dan berbagai konten yang mendukung bisnis online.

Pastikan foto produk menarik kalian serta informasi tentang apa yang Kalian jual benar-benar jelas. Jangan membingungkan pelanggan, oke?

3. Analisis Pasar Sasaran

Setelah Kalian menemukan target pasar potensial, berusaha sekuat tenaga untuk mendapatkan minat mereka.

Oleh karena itu, cara memulai bisnis online selanjutnya adalah dengan melakukan analisis target pasar.

Tentunya pengenalan pertama bisa dilakukan melalui media online, seperti online shop, akun Instagram atau Twitter, dan medsos lainnya.

Selain media sosial, Kalian juga bisa mulai mempromosikannya melalui mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dengan teknik SEO.

Semakin spesifik target pasar Kalian, semakin fokus pada apa yang perlu Kalian lakukan untuk menarik minat Kalian.

Usia, jenis kelamin, pendapatan, dan profesi mereka akan berpengaruh besar dalam hal ini.

4. Berjualan di E-commerce

Rasanya percuma jika sudah membuat website toko online murah, tapi tidak memasang produk di website e-commerce.

Untuk menarik calon pembeli dan memberikan pengalaman berbelanja yang mudah, cara memulai bisnis online selanjutnya adalah dengan memposting produk di e-commerce yang tepat.

Misalnya, Kalian dapat menggunakan Connexi yang memiliki SIRCLO Store. Dengan ini, Kalian dapat menjual di beberapa saluran e-niaga sekaligus.

Semuanya dapat dikontrol melalui satu dashboard yang terintegrasi. Jadi, tidak ada lagi stres saat mengelola pesanan pelanggan!

Jangan lupa untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan.

Namanya juga "pelanggan adalah raja", jadi Kalian harus siap menjawab semua pertanyaan dan keluhan mereka. Roh!

5. Bangun Reputasi

Menurut surve Calon pembeli biasanya akan mencari informasi dari internet, termasuk juga mencari toko online yang akan mereka pilih untuk bertransaksi.

Jadi, tidak kalah pentingnya bagi Kalian untuk membangun reputasi sejak awal saat berbisnis online.

Isi website Kalian dengan artikel-artikel yang informatif dan menarik, lengkap dengan link untuk membeli produk yang Kalian jual.

Di semua media sosial merek Kalian, buat juga konten menarik berupa foto, video, infografis, dan juga lainnya. Jangan sampai kalian kehabisan ide untuk membuat konten yang menarik.

Tidak sekedar membuat konten, tetapi juga membangun engagement melalui komentar, giveaway, atau memanfaatkan fitur interaksi di media sosial.

Jika konten sudah tersedia, Kalian bisa mulai mempromosikannya melalui mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dengan teknik SEO, atau menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, Pinterest untuk promosi.

6. Buat Email Pemasaran

Cara memulai bisnis online selanjutnya adalah membuat email marketing khusus untuk bisnis Kalian.

Hal ini dikarenakan ketika reputasi toko online Kalian semakin dikenal, saatnya membangun jembatan untuk mendekatkan diri dengan pembeli setia dan calon pembeli.

Berikan pilihan untuk berlangganan newsletter atau email marketing di website dengan penawaran menarik seperti diskon untuk pembelian selanjutnya.

Email marketing juga dinilai jauh lebih murah dan efisien dibandingkan harus memasang iklan di media cetak, TV atau radio karena tujuannya jelas.

Mereka yang menerima pemasaran email tersegmentasi karena penerima telah memutuskan untuk secara sukarela berlangganan.

Mereka mungkin tidak langsung membeli produk Kalian, tetapi ketika mereka mendapatkan informasi yang mereka butuhkan, kepercayaan mereka akan tumbuh sehingga mereka lebih cenderung membeli produk di toko online Kalian.

7. Mulai Mempromosikan

Setelah Kalian membuka toko online, Kalian sekarang dapat langsung mulai menjual. Tetapi untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan, Kalian perlu beriklan.

Karena bisnis yang Kalian jalankan bersifat online, maka strategi promosi yang Kalian lakukan juga harus dilakukan melalui internet.

Ada banyak jenis iklan yang bisa Kalian coba untuk mempromosikan bisnis Kalian secara online.

Salah satunya, iklan bayar per klik yang bekerja menggunakan mesin pencari, seperti Google.

Dengan iklan pay per click, website toko online Kalian akan lebih mudah mendapatkan trafik dibandingkan dengan mengkalianlkan pengunjung secara organik.

Melalui iklan PPC, website toko online Kalian akan muncul di halaman pencarian sehingga audiens yang menggunakan internet akan lebih mudah menemukan produk jualan Kalian.

Selain itu, iklan PPC juga memungkinkan Kalian menguji berbagai kata kunci, serta judul, harga, dan pendekatan penjualan.

Jadi Kalian tidak hanya mendapatkan lalu lintas tinggi, tetapi Kalian juga dapat menemukan kata kunci konversi tertinggi dan terbaik.

Dengan menggunakan kata kunci yang tepat untuk toko online Kalian, website bisnis Kalian akan mendapatkan skor dan peringkat yang lebih baik di mesin pencari.

8. Analisis Pesaing

Jualan online sama sulitnya dengan berbisnis offline. Dalam industri apa pun, Kalian pasti akan menemukan pesaing.

Maka dari itu penting bagi Kalian untuk melakukan analisis pesaing sebagai cara memulai bisnis online.

Dengan melakukan analisis pesaing, Kalian dapat lebih mudah membuat strategi pemasaran dan bertahan di industri tersebut.

Pasalnya, Kalian bisa mendapatkan insight, strategi, dan tren baru dari analisis kompetitor. Ketika menerapkannya pada bisnis Kalian sendiri, mungkin efektif untuk meningkatkan pendapatan bisnis.

Jadi, mencari berbagai info mengenai kompetitor tidak selamanya buruk. Kalian mungkin bisa mendapatkan berbagai pelajaran berharga untuk mengembangkan usaha Kalian yang bergerak di bidang serupa.

9. Perhatikan aturan saat berbisnis

Dalam menjalankan bisnis apapun, termasuk bisnis online, penting bagi Kalian untuk selalu mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Bisnis online sendiri telah diatur dalam Pasal 65 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan.

Menurut Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 Pasal 65 tentang Perdagangan disebutkan bahwa:

1. Setiap pelaku usaha yang memperdagangkan barang dan/atau jasa dengan menggunakan sistem elektronik wajib menyediakan data dan/atau informasi yang lengkap dan benar.

2. Setiap pelaku usaha dilarang memperdagangkan barang dan/atau jasa dengan menggunakan sistem elektronik yang tidak sesuai dengan data dan/atau informasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1).

3. Penggunaan sistem elektronik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus memenuhi ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik.

4. Data dan/atau informasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) paling sedikit memuat:

o identitas dan legalitas Pelaku Usaha sebagai produsen atau Pelaku Usaha Distribusi;

o persyaratan teknis barang yang ditawarkan;

o persyaratan atau kualifikasi teknis untuk Layanan yang ditawarkan;

o harga dan cara pembayaran barang dan/atau jasa; dan

o cara pengiriman Barang.

5. Dalam hal terjadi sengketa terkait transaksi perdagangan melalui sistem elektronik, orang atau badan usaha yang mengalami sengketa dapat menyelesaikan sengketa tersebut melalui pengadilan atau melalui mekanisme penyelesaian sengketa lainnya.

6. Setiap pelaku usaha yang memperdagangkan barang dan/atau jasa dengan menggunakan sistem elektronik yang tidak menyediakan data dan/atau informasi yang lengkap sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dikenai sanksi administratif berupa pencabutan izin.

Selain itu juga perlu mengurus izin edar, lisensi atau stkalianr lainnya jika ingin menjual produk secara online agar penjualan aman dan tidak merugikan pelanggan.

Jangan sampai Kalian mengabaikan peraturan atau undang-undang perdagangan online ini. Hal ini dikarenakan dengan mengikuti regulasi yang telah ditetapkan dapat melindungi bisnis Kalian dari berbagai resiko kerugian, seperti penipuan.

Mematuhi peraturan perdagangan juga dapat membuat pelanggan Kalian lebih percaya diri saat melakukan pembelian.

Hal ini dikarenakan produk yang Kalian tawarkan sudah terbukti lulus uji sesuai stkalianr pemerintah

Demikian artikel kami yang berjudul cara memulai bisnis online yang tepat dan sukses untuk menghasilkan banyak uang, lihat artikel kami lainnya disini